Pages

November 30, 2013

Teknologi EMV pada Kartu Kredit dan Debit Card


Semenjak tahun 2010 bank penerbit kartu kredit di Indonesia sudah mengenalkan sebuah teknologi chip yang diharapkan bisa mengurangi tingkat fraud kartu kredit di Indonesia. Teknologi chip yang dipakai bernama EMV (Europay Mastercard and Visa). Chip membuat data lebih sulit untuk dicuri secara langsung karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Berbeda dengan teknologi pita magnet yang lebih mudah diambil dtanya melalui skimmer.

Kartu kredit atau debit yang sudah dilengkapi dengan chip yang mengharuskan penggunanya memasukkan kartu ke dalam mesin EDC atau jamak disebut dip. Sedangkan metode gesek disebut dengan swipe.

EMV di klaim lebih aman karena memungkinkan bagi bank penerbit kartu untuk memasukkan kode tertentu sebagai pengaman kartu. Teknlogi yang dipakai pun terhitung masih jarang. Kalaupun ada, harganya masih terhitung tinggi sehingga juga menyulitkan pelaku kejahatan kartu kredit.


Bank Indonesia menargetkan semua bank di Indonesia sudah menggunakan teknologi chip EMV ini pada tahun 2016 karena Indonesia termasuk negara dengan tingkat fraud kartu kredit yang tinggi. Penyalahgunaan kartu kredit banyak terjadi di Indonesia dengan berbagai modusnya. Langkah ini diharapkan mampu mengurangi "rekor" Indonesia dalam hal fraud kartu kredit.

Semoga..



.

No comments:

Post a Comment